Tuesday, August 11, 2015

Nagasari


Kue Nagasari

Bahan A:
- 200 gram tepung beras, gunakan yang masih fresh supaya tidak berbau apak
- 400 ml santan kekentalan sedang
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 130 gram gula pasir

Bahan B, aduk menjadi satu:
- 100 gram tepung tapioka
- 400 ml santan kental

Bahan lain:
- pisang raja secukupnya, potong melintang sepanjang 3 cm dan belah dua
- daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:

Masukkan tepung beras dan santan ke dalam panci, aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Jika ada gumpalan saring adonan hingga menjadi halus.

Masukkan larutan adonan ke dalam panci, tambahkan gula pasir, garam dan daun pandan. Masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk hingga adonan menjadi kental.

Tuangkan bahan B ke dalam adonan di panci, aduk dan masak terus hingga adonan kental, pekat dan santan mengering. Adonan harus smooth dan bebas gumpalan. Adonan yang saya hasilkan bergumpal-gumpal karena itu saya menghaluskannya dengan menggunakan food processor hingga smooth. Anda mungkin bisa menggunakan saringan kawat yang memiliki lubang-lubang besar.

Siapkan 2 lembar daun pisang, sepanjang 15 cm, tumpukkan. Letakkan sekitar 1 1/2 - 2 sendok makan adonan di atas daun. Lebarkan adonan dengan punggung sendok. Letakkan 1 buah pisang di tengah adonan, dengan sendok plastik rapikan adonan hingga menutup ke seluruh permukaan pisang.

Bungkus adonan dengan menekuk bagian kiri dan kanan daun ke tengah adonan. Tekuk bagian atas dan bawah adonan dan balikkan.

Tata kue di dalam dandang kukusan dengan bagian lipatan di bagian bawah. Lakukan hingga semua adonan habis terbungkus. Kukus selama 20 menit. Keluarkan dari kukusan, biarkan dingin.

Sumber : http://www.justtryandtaste.com/2013/04/nagasari-si-kue-pisang.html

No comments:

Post a Comment