Friday, August 12, 2016

Klapertaart Panggang



Bahan:
- 4 butir kuning telur
- 1 butir telur
- 60 gram tepung maizena
- 150 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 400 ml susu cair
- 200 ml heavy cream
- 70 gram mentega/margarine
- 150 gram kelapa muda serut (kira-kira 1 buah kelapa)
- 80 gram kismis hitam
- 20 gram irisan kacang almond/kenari
- bubuk kayu manis untuk taburan
- beberapa butiran kismis untuk taburan
- beberapa lembar daging kelapa untuk hiasan


Cara membuat:
Siapkan loyang ukuran 13x9. Spray permukaan dengan butter spray, sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur dan telur, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan tepung maizena, gula pasir dan vanili bubuk, aduk rata dengan kocokan balon. Sisihkan.

Masukkan susu cair dan krim kental ke dalam panci, panaskan dengan api kecil hingga hangat (bukan mendidih). Aduk selama proses perebusan agar susu tidak pecah.

Masukkan mentega, aduk hingga mentega leleh dan bercampur sempurna dengan susu. Matikan api kompor. Biarkan sebentar agar susu tidak terlalu panas.

Ambil sekitar 1 sendok sayur susu cair, tuangkan susu ke adonan telur, aduk hingga rata. Tambahkan 1 sendok sayur lagi susu cair ke adonan telur, aduk rata. Tuangkan adonan telur ke sisa susu di panci, aduk rata.

Masak adonan dengan api kecil sambil terus diaduk dengan pengaduk balon, hingga perlahan adonan mulai mengental. Ketika mulai terasa mengental aduk adonan dengan kuat dan cepat untuk mencegahnya bergerindil. Masak hingga mulai muncul letupan pertama di permukaan adonan. Matikan api kompor.

Masukkan daging kelapa muda, dan kismis, aduk rata. Tuangkan custard ke loyang, ratakan permukaannya dengan spatula hingga smooth. Hiasi permukaannya dengan irisan daging kelapa muda, kismis dan irisan almond/kenari.


Panggang di oven suhu 350F  Panggang hingga kue tampak sedikit kecoklatan di permukaannya dan almond matang, sekitar 20 menit (sesuai kondisi oven masing masing). Keluarkan dari oven dan biarkan uap panasnya hilang. Taburi permukaan klapertart dengan kayu manis bubuk. Jangan memanggangnya terlalu lama karena akan membuat klapertart keras.

Sumber : http://www.justtryandtaste.com/2016/06/resep-klapertart-panggang-JTT.html
 

No comments:

Post a Comment