Friday, May 25, 2018

Nastar



Nastar
Bahan:
- 150 gram mentega
- 100 gram margarine
- 90 gram gula halus
- 3 butir kuning telur
- 50 gram susu bubuk
- 350 gram tepung terigu protein rendah (saya pakai Bogasari Kunci Biru)
- 1 sendok teh vanilli ekstrak

Olesan:
- 2 butir kuning telur
- 1/2 sendok teh madu
- 1 sendok teh air
- 1 sendok teh minyak goreng

Selai nanas:
- 1 buah nanas palembang, kupas, parut atau blender
- 200 gram gula pasir
- 2 batang kayu manis
- 3 butir cengkeh 

Cara Membuat Selai: 

  • Masak nanas, kayu manis dan cengkeh hingga airnya menyusut dan adonan agak lengket, masukkan gula pasir. Aduk hingga air habis, adonan menjadi selai dan bisa dibentuk. 
  • Dinginkan selai dan bentuk bulat-bulat sesuai keinginan. Jika selai terlalu lengket masukkan ke dalam lemari es hingga agak keras.
Cara Membuat Kulit Nastar 
  1. Dengan menggunakan mixer, kocok mentega, margarine, gula halus dan vanilli sebentar saja hingga tercampur saja. Masukkan kuning telur satu persatu. Matikan mixer.
  2. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok kayu/spatula hingga tercampur rata. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan istirahatkan adonan di dalam kulkas selama + 1 jam.
  3. Keluarkan adonan, bagi menjadi beberapa bagian. Gilas adonan dengan ketebalan yang diinginkan kemudian cetak menggunakan gelas. Sisa adonan sebaiknya dikembalikan ke dalam kulkas. Isi adonan dengan selai yang telah dingin, bulatkan.
  4. Tata kue diatas loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak. Beri jarak antar kue, jangan terlalu berdekatan. Panggang di oven yang telah dipanaskan + 20 menit sebelumnya selama + 20 menit atau 3/4 matang. Set oven di suhu 150' C saja, suhu tidak boleh terlalu tinggi.
  5. Keluarkan dari oven, olesi dengan bahan pengoles seluruh permukaannya hingga rata. Kemudian panggang kembali kue hingga matang kuning kecoklatan, + 15 menit.
  6. Biarkan kue mendingin kemudian pindahkan ke rak kawat hingga dingin sempurna sebelum dimasukkan ke dalam stoples kedap udara.

Selamat mencoba!
 — at Kitchen Heaven.

No comments:

Post a Comment