Friday, May 25, 2018

Keripik Bawang


Keripik Bawang

Bahan:
- 225 gram tepung terigu 
- 75 gram tepung sagu
- 1/8 sendok teh soda kue
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh garam
- 2 butir bawang putih, goreng sebentar hingga agak kecoklatan, haluskan
- 2 sendok makan bawang goreng, haluskan
- 1 butir telur ayam, kocok lepas
- 75 ml santan kental
- 1 sendok makan mentega
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Siapakan mangkuk ukuran besar, masukkan tepung terigu, tepung sagu dan soda kue. Aduk hingga rata. Tambahkan bawang putih halus, bawang goreng, kaldu bubuk dan garam, aduk hingga tercampur.

Tuangkan santan kental dan telur kocok sedikit demi sedikit secara bergantian ke adonan tepung. Aduk menggunakan spatula. Lakukan hingga santan dan telur habis. Aduk tepung hingga menjadi adonan setengah basah, kemudian uleni dengan tangan hingga setengah kalis. Tambahkan mentega, uleni hingga adonan menjadi kalis, tandanya adonan tidak lengket lagi di tangan dan mangkuk.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Ambil 1 bagian adonan, letakkan di meja datar/talenan yang telah ditaburi tepung terigu kemudian gilas tipis menggunakan gilingan pasta/mie atau menggunakan gilingan dari kayu. Cetak menjadi bulatan-bulatan dengan diameter + 3 cm. Tata diatas loyang yang telah ditaburi tepung terigu agar tidak lengket, lakukan hingga semua adonan habis.

Goreng menggunakan minyak yang agak banyak, tekan-tekan keripik selama proses penggorengan menggunakan punggung sodet/spatula agar keripik tidak melengkung. Goreng hingga kering kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Lakukan hingga semua bahan habis. Dinginkan keripik diatas tissue dapur agar minyak berkurang. Masukkan ke dalam stoples dan tutup rapat. Enjoy!

No comments:

Post a Comment