Wednesday, October 7, 2015

Martabak Pandan



MARTABAK MANIS PANDAN 

Bahan : 
250 gr tepung terigu serbaguna (1 3/4 cup all purpose flour)
1 sdt baking powder 
75 gr gula pasir ( 1/2 - 3/4 cup granulated sugar)
1/4 sdt garam halus 
1 kuning telur 
1 butir telur utuh 
kurang lebih 100 - 150 ml air (perhatikan tingkat kekentalan di resep sumber menggunakan 350ml air, sedangkan ketika saya coba 150ml pun sudah cukup encer) 
1/2 - 1 sdt pasta pandan 

Bahan tambahan per loyang : 
1/4 sdt baking powder 
1/4 sdt soda kue 

Bahan taburan per loyang : 
Spread butter
Gula pasir 
Meses 
Keju cheddar parut 
Susu kental manis (SKM) secukupnya (atau bisa memakai taburan sesuai selera ya) 
Almond secukupnya

Cara Membuat : 
- Campur dan ayak tepung terigu beserta baking powder. Tambahkan gula pasir, garam halus dan kuning telur. Aduk hingga rata. 
- Beri pasta pandan ke dalam air kemudian tuang air ke dalam adonan, mixer dengan kecepatan rendah hingga lembut. 
- Diamkan adonan selama 1 jam. Adonan siap digunakan. - Panaskan cetakan dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi adonan menjadi 2 bagian (aku memakai cetakan diameter 22 cm). 
 - Sesaat sebelum adonan dituang, masukkan baking powder dan soda kue. Aduk rata. Tuang adonan, biarkan hingga adonan berbusa / berlubang kecil-kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat. - Oles terang bulan dengan margarin, taburi meises, keju cheddar dan SKM . Potong 2 bagian sama besar dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarin, kemudian taburi gula halus bila suka. - Siap disajikan. 

Notes : - Cetakan harus dalam keadaan benar-benar panas ya. Sebelum adonan dituang seluruhnya, bisa ditest dengan menuang sedikit adonan. - Masak dengan api kecil / sedang agar kulitnya tidak cepat gosong. - Penambahan baking powder dan soda kue ke dalam adonan sebelum dituang tergantung pada ukuran cetakan ya. 1/4 sdt baking powder dan soda kue untuk cetakan ukuran 22 cm.
sumber : http://catatan-nina.blogspot.com/2014/07/martabak-manis-pandan.html

No comments:

Post a Comment